Mengapa harus memaafkan?


     Pengampunan bukanlah hal yang adil. Sungguh tidak adil ketika Allah mengampuni dosa-dosa kita, dan juga tidak adil ketika Anda harus mengampuni orang lain. Allah tidak memberi kita hal yang layak kita terima. Dia memberi kita hal yang sangat kita butuhkan. Alkitab berkata di dalam Roma 12:19, "Janganlah kamu sendiri menuntut pembalasan, tetapi berilah tempat kepada murka Allah, sebab ada tertulis: Pembalasan itu adalah hak-Ku. Akulah yang akan menuntut pembalasan."




           Langkah pertama dalam memaafkan adalah tidak mengambil tindakan penegakan keadilan secara pribadi. Biarlah Allah yang akan menjadi Hakim yang tidak memihak. Setiap kali  Anda teringat betapa Anda telah disakiti, lepaskanlah ingatan itu. Sangatlah menyenangkan bisa tetap teguh. Saat Yesus ditanyai berapa kali kita harus mengampuni orang yang bersalah kepada kita, Dia menjawab 70 kali 7. Dengan kata lain, kita harus terus mengampuni.


> Pusatkan kembali perhatian pada rencana Allah bagi hidup Anda

   Pusatkanlah perhatian pada hal-hal yang ingin Allah kerjakan di dalam hidup Anda. Selama  Anda memusatkan perhatian pada orang yang melukai Anda, maka merekalah yang sedang mengendalikan Anda. Anda tentu tidak ingin orang-orang yang dulu pernah melukai Anda mengendalikan hidup Anda di masa kini. Anda tentunya ingin agar Allah yang mengendalikan hidup Anda.Alkitab memberitahu kita di dalam kitab Ayub 11:13-16, "Jikalau engkau ini menyediakan hatimu, dan menadahkan tanganmu kepada-Nya; jikalau engkau menjauhkan kejahatan dalam tanganmu, dan tidak membiarkan kecurangan ada dalam kemahmu, maka sesungguhnya, engkau dapat mengangkat mukamu tanpa cela, dan engkau akan berdiri teguh dan tidak akan takut, bahkan engkau akan melupakan kesusahanmu, hanya teringat kepadanya seperti kepada air yang telah mengalir lalu."

Bagaimana melakukannya?
Luruskan hati Anda. Artinya, lakukanlah hal yang benar. Maafkan orang itu. Lepaskan dia dari tuntutan sakit hati.

Memohon kepada Allah. Mintalah Yesus Kristus untuk turut campur dan memenuhi hati Anda dengan kasih-Nya.

Hadapi lagi dunia ini. Jangan menarik diri. Jangan mengurung diri Anda. Anda tidak bisa mengasihi tanpa menaggung resiko dilukai. Dan hidup tanpa mengasihi jelas-jelas bertentangan dengan rencana Allah bagi hidup Anda.


Tanggapilah kejahatan dengan kebaikan

    Paulus memberitahu kita di dalam Roma 12:21, "Janganlah kamu kalah terhadap kejahatan, tetapi kalahkanlah kejahatan dengan kebaikan!." Ada begitu banyak kejahatan di dunia ini. Anda tidak akan bisa mengatasi kejahatan dengan cara mengecamnya. Anda hanya bisa mengatasi kejahatan dengan kebaikan.


"Saudara-saudariku, Yesus yang kita sembah, Tuhan yang kita sembah dan imani adalah kunci pemulihan hubungan di Rwanda. Kita tidak bisa lagi menekankan perbedaan lalu berharap bisa mendapat hasil yang baik. Di Rwanda, pembalasan dendam adalah hal yang tak mampu kami lakukan. Kami harus menjalankan pemulihan hubungan. Kami harus menghadapi kenyataan tentang kelemahan kami, keadaan kami yang menyedihkan, tentang dosa-dosa kami. Kami harus menghadapi semua itu bersama Yesus Kristus di dalam hidup ini, agar bisa membangun suatu bangsa lagi. Kami harus hidup.

Itu adalah gambaran dalam contoh yang besar berkaitan dengan hal kejahatan dan kebaikan. Anda bisa melakukannya di dalam kehidupan pribadi Anda juga. Saat ada orang melukai hati Anda, lakukanlah perbuatan baik kepada mereka. Apakah mudah? Tentu saja tidak. Setiap tulang di dalam tubuh kita ingin menanggapi kejahatan dengan kejahatan juga. Namun pengampunan itu muncul jika kita menanggapi kejahatan dengan kebaikan.

Saya harap setiap orang Kristen akan ditantang untuk melakukan ini - dan benar-benar melakukannya - di dalam kehidupan pribadi mereka.
Di musim gugur sekarang ini, kami akan sediakan sebuah sarana yang luar biasa untuk menolong mereka dalam petualangan mereka memberikan pengampunan ini. Untuk mencari tahu lebih banyak tentang kampanye pertumbuhan rohani Life's Healing Choice (Pilihan yang Menyembuhkan Hidup) ini, kunjungilah www.lifeshealingchoices.com.

Comments

Popular Posts