Cara Memilih Makanan Anjing secara Alami


Siapa bilang kalo makanan anjing itu harus selalu mahal?, di zaman sekarang ini telah banyak kita temui merk Dog food yang harganya selangit tapi dengan kualitas yang meragukan, dan bila kita datang ke pet shop pasti kita akan ditawarkan oleh pemilik pet shop bahwa dog food merk inilah atau itulah yang katanya bagus untuk anjing anda, entah itu kualitas premium atau super premium.. tapi tahu ga sebenarnya dog food itu sebenarnya adalah makanan yang cocok-cocokkan maksudnya adalah merk yang mahal belum tentu lebih bisa dicerna anjing anda dari pada merk yang murah. Kalau para pencinta anjing sekalian masih memakai Dog Food mahal yang bikin kantong jebol, maka sekarang para dog lovers bisa beralih ke pakan alami atau sebut saja BARF (Bone and Raw food), yang pasti cocok buat anjing anda dari mix breed sampai Ras


1. Apa sih itu BARF?
BARF adalah sebutan untuk makanan-makanan yang diberikan secara alami saja tanpa dimasak

2. Apa saja sih keuntungan BARF?
Keuntungan BARF sendiri ada banyak yang tidak anda dapat dari dog food, contohnya:
Gigi sehat dan nafas lebih segar
Kulit dan lapisannya lebih sehat
Sistem kekebalan anjing anda lebih optimum
Mengurangi penyakit degenaratif
Mengurangi volume dan bau kotoran
Membuat tubuh lebih ramping dan sehat

3. Lalu bahan-bahan apa saja yang diperlukan untuk membuat pakan alami ini?
Jawabannya adalah sayuran, telur matang, jeroan(ati ayam atau sapi), daging dan tulang (daging dan tulang dapat anda ambil dari leher ayam dan ceker).

4. Memang boleh kasih daging mentah ke anjing?
Jawabannya adalah boleh, justru sangat disarankan karena daging yang mentah lebih mudah dicerna oleh anjing

5. Kalau tulang dikasih nanti takut keselek atau nancap di usus serpihannya?
Tentunya kalau tulang itu dimasak jawabannya bisa iya atau tidak, kalau anda masak tulang tersebut akan mengeras, menurut pengalaman saya biasanya yang suka tersedak adalah anjing kecil, saya jarang menemui kasus tersedak pada ras besar

6. Terus gimana kasih makan tulangnya?
lebih baik anda memberikan tulang leher atau ceker yang tidak dimasak, karena selain lunak tulang bagian leher masih ada dagingnya lumayan buat hemat beli daging, sedangkan ceker mempunyai kalsium yang banyak dan gelatin untuk tulang anjing anda (yang doyan makan ceker pasti ngerti efeknya ^^)

7. Sayur apa saja yang boleh saya beri untuk anjing saya?
anda dapat berikan berbagai macam sayuran seperti brokoli, wortel, tomat, bayam, dll (kembang kol tidak disarankan karena bisa bikin kembung)

8. Lalu apakah sayurnya langsung dikasih saja atau dimasak?
kalau saya lebih baik dimasak dulu sebentar, jangan kelamaan. lalu sayurnya di blender dan dicampur dengan daging

9. Minta resepnya dong?
Kalo resep saya tidak bisa memberikan karena setiap orang punya cara masing terngantung besar anjingnya, tapi kalo menurut saya lebih baik takarannya 70% daging dan tulang, 20% jeroan dan 10% sayur

10. Apakah ada tambahan lain untuk BARF ini?
ada, alangkah lebih baiknya anda memberikan suplemen seperti minyak ikan, cuka apel, dan bawang putih untuk anjing anda

11. Efeknya dari tambahan itu apa buat anjing saya?
Efeknya akan saya jelaskan satu persatu di posting saya selanjutnya, karena tangan saya sudah pegel ngetik (maklum nubitol baru buat blog - -')

Comments

Popular Posts