10 Software Pengolah Gambar Paling Populer

 Anda memiliki banyak koleksi foto keluarga, teman, atau orang-orang terdekat? Di jaman serba digital seperti sekarang ini, selain kamera digital, perangkat gadget lainnya seperti smartphone dan tablet yang dilengkapi dengan fitur kamera canggih, sudah makin memudahkan penggunanya dalam mengoleksi dan mengabadikan setiap momen yang ada dihadapan dan paling bersejarah.
Berbagai momen bersejarah penting dalam bentuk foto tersebut, biasanya akan terasa lebih asyik untuk di unggah dan dibagikan ke media jejaring sosial seperti Facebook, Twitter, Pinterest dan lain sebagainya. Namun, akan lebih menyenangkan lagi bila tampilan foto tersebut di “poles” terlebih dahulu dengan aplikasi pengolah gambar agar foto tersebut terlihat lebih menarik dan berkesan.
Nah, berikut ini Anda bisa menyimak 10 software gratis pengolah gambar yang paling populer di kalangan para pecinta pengolah gambar. Selain dapat di unduh secara gratis, pengolahan serta pengaturan pada beberapa software gratis tersebut, memiliki kemudahan untuk digunakan.

GIMP

scr_Gimp
GIMP merupakan salah satu software gratis yang menjadi andalan para pecinta pengolah foto dan memiliki beragam fitur lengkap untuk melakukan pengolahan foto. GIMP yang memiliki singkatan (GNU Image Manipulation Program) memiliki banyak plug-ins dan dapat membukan beragam file format gambar seperti JPEG, TIFF, GIF, dan PNG.
Kemudahan penggunaan dalam melakukan pengolahan serta menambahkan efek editing seperti pengolahan warna, duplikasi, Blur, dan lainnya. Saat ini, GIMP diklaim sudah menghadirkan fitur baru berupa Layer groups. Fitur yang satu ini layaknya mirip dengan Photoshop karena bisa mengelompokkan layer-layer ke dalam satu grup, sehingga bagi Anda yang ahli di Photoshop, akan terasa familiar saat menggunakan GIMP.
Info: www.gimp.org

Photoscape

scr_PhotoScape
Photoscape merupakan salah satu software gratis yang memiliki beragam fitur yang ditawarkan, mulai dari Viewer, Editor, Batch Editor, Combine, Animated GIF, Splitter, RAW Converter, dan lain sebagainya. Meski kehadiran smartphone berbasis Android dan iOS yang sudah memiliki beberapa aplikasi pengolah gambar yang mudah, kemampuan Photoscape dengan beragam fitur yang terdapat didalamnya, bisa menghasilkan beragam kreasi foto yang jauh lebih menarik.
Penggunaan yang mudah dengan tersedianya fitur tool yang lengkap, serta beberapa efek yang bisa digunakan seperti Fish eye, Old Style, Cartoon, Blur, Clear Skin, dan beberapa efek lainnya, menjadikan Photoscape ini sebagai salah satu software pengolah gambar yang cukup lengkap dan juga ringan.
Info: www.photoscape.org

FotoSketcher

scr_FotoSketcher
Bagi Anda yang menyukai efek foto berupa sketsa lukisan, mungkin FotoSketcher bisa dijadikan sebagai software alternatif untuk menghasilkan efek tersebut pada foto dalam waktu singkat dan mudah.
Memiliki tampilan sederhana yang menampilkan dua gambar dimana yang sebelah kiri merupakan foto asli, dan di sebelah kiri adalah hasil foto yang sudah di olah. Beberapa fitur tool yang dimiliki software gratis ini memang tidak terlalu banyak, namun hal tersebut membuat pengolahan gambar terasa lebih mudah, terlebih lagi bagi Anda seorang pemula yang gemar melakukan pengolahan gambar.
Info: www.fotosketcher.com

PhotoShine

scr_Photoshine
PhotoShine adalah sebuah software yang dapat mengedit dan menyajikan foto dalam bentuk unik yang dikemas pada frame foto yang sudah tersedia. Beberapa pilihan frame foto yang tersedia, dapat dipilih dan memiliki beragam desain unik dengan beberapa tema pilihan seperti Girl, Baby, Love, Dream, Festival, Magazine, dan masih banyak lagi.
Selain menyajikan beberapa frame foto menarik, PhotoShine juga menyediakan beberapa tool editing foto yang sangat mudah digunakan untuk mengubah tampilan foto menjadi menarik seperti dalam bentuk sketsa atau memberikan penambahan efek warna, sebelum dimasukkan ke dalam frame foto.
Info: PhotoShine

Picasa

scr_Picasa
Mungkin sebagian besar dari Anda yang menyukai mengolah foto sudah sangat mengenal dengan software gratis besutan Google ini. Picasa merupakan salah satu software gratis pengolah gambar yang cukup ringan. Saat diaktifkan, Picasa mampu mengumpulkan semua file gambar/foto yang tersimpan di komputer secara otomatis.
Proses tersebut dimaksudkan agar para penggunanya dapat dengan mudah melakukan beragam pengolahan gambar seperti membuat foto kolase, mengedit foto dengan beberapa tool standar yang tersedia, atau bisa juga membuat slideshow foto untuk dijadikan ScreenSaver dari kumpulan foto tersebut.
Selain menampilkan beragam format file gambar, Picasa juga mampu menampilkan file video dan sudah tersedia fitur pemutar video.

Next >>>>

Comments

Popular Posts