9 Tutorial Photoshop Membuat Effek Pencahayaan

Pada artikel ini akan dibahas beberapa panduan atau tutorial tentang manipulasi pencahayaan fotografi dengan Photoshop. Software editing fotografi Photoshop memang disukai banyak para desainer grafis karena kemampuannya menghasilkan efek-efek luar biasa pada grafis fotografi.
Tidak saja pada manipulasi fotografi, Photoshop juga menjadi software favorit banyak desainer grafis dalam bermacam kebutuhan mulai dari tipografi hingga desain website.
Photoshop sebagai software grafis keluaran Adobe seolah menjadi software serbaguna yang dapat memenuhi segala kebutuhan desain para pekerja grafis.
Pencahayaan merupakan bagian tidak terlepas dari fotografi. Pencahayaan pada fotografi sangatlah memegang peranan penting sebab pencahayaan mendatangkan stimulasi pada pandangan. Cahaya pada bentuk seni tertentu akan mampu menciptakan ilusi waktu dan jarak. Singkatnya dengan pencahayaan pada sebuah objek fotografi akan menjelaskan banyak dimensi.
Berikut ini 9 Tutorial Photoshop Membuat Effek Pencahayaan.

01. Efek Pencahayaan Dinamis

Dalam 3 langkah saja tutorial yang dibuat oleh Nathan Brown ini akan memandu anda bagaimana membuat efek pencahayaan pada objek-objek fotografi dinamis / bergerak. Tutorial ini memanfaatkan sebuah tool brush Photoshop: Rays of Light.
Tutorial Photoshop Membuat Efek Pencahayaan Dinamis

02. Efek Cahaya Ledakan Luar Angkasa

Ada 50 langkah yang musti anda ikuti dengan detail dan cermat untuk mendapatkan efek fotografi yang menakjubkan berupa cahaya ledakan sebuah objek di luar angkasa.
Tutorial Photoshop Membuat Efek Cahaya Ledakan Luar Angkasa

03. Efek Pencahayaan Dinamis

Sinar bola lampu selalu memberikan kesan romantis, syahdu dan sebagainya. Nah dalam 13 langkah singkat dan mendetail berikut ini Anda akan dengan mudah memainkan software Photoshop Anda guna menciptakan efek pencahayan pada sebuah bola lampu.
Tutorial Photoshop Membuat Efek Sinar Bola Lampu

04. Efek Cahaya Pelangi

Setiap anak tentu tahu warna-warni pelangi dalam satu lagu sederhana. Efek alam ciptaan Yang Maha Esa ini memang menyihir setiap mata yang memandangnya. Berapa langkah yang dibutuhkan untuk membuat efek cahaya pelangi yang dramatis? Ada 21 Langkah yang akan menuntun Anda membuat efek pencahayaan pelangi.
Tutorial Photoshop Membuat Efek Cahaya Pelangi

05. Efek Cahaya Pagi Hari

Pada tahun 2007 Denny Tang membuat tutorial ini. Meski mungkin tutorial ini sangat klasik, akan tetapi masih sangat relevan untuk menghadirkan damainya semburat cahaya pagi pada objek-objek fotografi Anda. Cukup 3 langkah mudah saja.
Tutorial Photoshop Membuat Efek Cahaya Pagi Hari

06. Efek Pencahayaan Hantu Sawah

Anda tahu orang-orangan sawah atau hantu sawah? Ya, semacam boneka yang diletakan di tengah pesawahan untuk mengusir burung agar tidak menyerbu padi. Di luar negeri dikenal dengan sebuatan scare crow. Jika anda ingin objek hantu sawah diganti dengan foto/objek manusia plus pencahayan agar menghadirkan kesan misteri dan sedikit horor, ada 11 langkah yang harus anda ikuti.
Tutorial Photoshop Membuat Efek Pencahayaan Orang-orangan Sawah

07. Efek Cahaya Lomografi

Lomografi adalah sebuah bagian dari fotografi analog yang menggunakan kamera khusus yang disebut dengan kamera LOMO. LOMO sendiri merupakan singkatan dari Leningradskoye Optiko-Mechanichesckoye Obyedinenie (Penggabungan Mekanis Optik Leningrad).  Salah satu ciri utama gambar-gambar Lomo adalah saturasi dan warna-warnanya yang kontras yang disebabkan oleh pengguna kamera LOMO yang menggunakan lemabran-lemabran film yang diproses dalam cairan kimia berjenis C41. Nah, tutorial kali ini akan memandu Anda menghasilkan efek-efek lomografi pada karya-karya grafis Anda Adobe Photoshop.
Tutorial Photoshop Membuat Efek Cahaya Kamera Lomografi

08. Efek Pencahayaan pada Iklan Sepatu Nike

Ada 16 langkah sederhana jika anda tertarik untuk menciptakan efek lighting pada iklan sepatu olahraga Nike berikut ini.
Tutorial Photoshop Membuat Efek Pencahayaan Iklan Sepatu Nike

09. Efek Pencahayaan Ledakan Kiamat

Siapa yang tidak tahu bermacam film fiksi kiamat ala Hollywood? Ledakan api, dentuman, petakan, apalagi yang tergambar dari kiamat? Kiamat adalah hal yang siapapun tak akan pernah tahu kapan terjadinya, kecuali Allah SWT semata. Dan 7 Langkah mudah ini akan mengajari Anda untuk menghadirkan manipulasi grafis berupa efek ledakan yang konon dideskripsikan mirip hari kiamat.
Tutorial Photoshop Membuat Efek Cahaya Ledakan Kiamat

Demikianlah 9 Tutorial Photoshop Membuat Effek Pencahayaan. Semoga menambah khasanah skill anda pada teknik manipulasi pencahayaan dengan software aplikasi grafis Adobe Photoshop. Selamat mencoba-coba.
Artikel sebelumnya: 9 Website Portofolio Terbaik dengan Desain Keren.

Incoming search terms:

  • cahaya lampu photo shop
  • membuat cahaya lampu di photoshop

Comments

Popular Posts